Gadget dan Anak?

Gadget, barang yang sudah bukan hal mewah untuk saat ini. Bahkan banyak anak diluar sana yang sudah diberikan fasilitas gadget sedari usia dini. Baik kah untuk perkembangan anak? Berbagai pendapat pasti berdatangan saat pertanyaan itu muncul. Gadget merupakan hal yang lumrah diperlukan saat ini, berbagai macam bentuk komunikasi dapat tercipta hanya dengan menggunakan gadget. Sehingga seakan sulit untuk memisahkan gadget dengan kehidupan kita sehari-hari. Namun, saat ini anak usia dini lebih menyukai bermain gadget daripada permainan tradisional. Jelas karena jenisnya yang simple dan mudah digunakan. Namun, disamping itu banyak dampak negatif yang akan timbul, berikut ini dampak negatifnya saya kutip langsung dari website rumah sakit mitra keluarga.
Dampak negatif gadget terhadap anak:
·         Kemajuan teknologi berpotensi membuat anak cepat puas dengan pengetahuan yang diperolehnya sehingga menganggap bahwa apa yang dibacanya di internet adalah pengetahuan yang terlengkap dan final.
·         Kemajuan teknologi membawa banyak kemudahan, maka generasi mendatang berpotensi untuk menjadi generasi yang tidak tahan dengan kesulitan.
·         Kemajuan teknologi juga berpotensi mendorong anak untuk menjalin relasi secara dangkal.
·         Mengalami penurunan konsentrasi.
·         Mempengaruhi kemampuan menganalisa permasalahan.
·         Malas menulis dan membaca
·         Penurunan dalam kemampuan bersosialisasi eksternal dan internal.


Referensi : http://www.mitrakeluarga.com
0 Responses

    logo gunadarma